SEJARAH, VISI, MISI, DAN TUJUAN MI
HASYIM ASY ‘ARI WONOANTI
1. Sejarah MI “Hasyim Asy’ari”
MI Hasyim Asy’ari dikelola oleh Yayasan Hasyim Asy’ari yang
merupakan yayasan milik warga desa Wonoanti, Gandusari, Trenggalek.
MI Hasyim Asy’ari didirikan pada tanggal 6 Juli 1967 . Awal
mula didirikan MI karena disekitar lingkungan tersebut belum ada pendidikan
yang berbasis Islami . Anak-anak usia dini langsung ke jenjang SD. Ada MI tapi
lokasinya jauh, sehingga warga dan para tokoh tergerak hatinya untuk mendirikan
MI “Hasyim Asy’ari” sebagai embrio masuk ke MTs.
Pada saat ini tenaga pengajar di MI “ Hasyim Asy’ari”
terdiri dari seorang kepala MI dan 9 pendidik yang berpengalaman.
2. Lokasi MI Hasyim Asy’ari
MI Hasyim Asy’ari berlokasi di RT 09 RW 04 Dusun Kedekan,
Desa Wonoanti, Kec. Gandusari, Kab. Trenggalek Kode Pos 66372
1. Tujuan Satuan Pendidikan Dasar
Pendidikan dasar bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasan,
pengetahuan, kepribadian, ahklaq mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri
dan mengikuti pendidikan lebih lanjut”. (di ambil dari PP no. 19 tahun 2005
tentang Standar Nasional Pendidikan pada Bab V (Standar Kompetensi Lulusan)
pasal 26)
2. Visi dan Misi MI Hasyim Asy ‘ari
a.
Visi
Terwujudnya
Pendidikan Islami beraliran Alhussunnah wal jama’ah yang unggul berprestasi,
berbudaya dan ber IMTAQ
Key
performance indicators:
Bidang
akademik
-
100 %
lulus dari ujian UAS-BN dengan nilai terendah 7.00
-
100 %
lulus nilai Ujian Madrasah dengan nilai terendah 65.00 di semua bidang studi
-
Unggul
dalam PBM yang ditunjukan dengan 90 %
skor pencapaian KKM di atas 70
-
Dapat diterima di MTs Unggulan di tingkat kabupaten
Bidang
non - akademik
-
Menjuarai
lomba keagamaan sekurang-kurangnya tingkat kabupaten
-
Unggul
dalam ekstra kurikuler Bahasa Inggris dengan dibuktikan bisa mempraktekkan
Pidato Bahasa Inggris dengan baik dan bercakap cakap Bahasa Inggris
Berbudaya
-
Mampu
berbahasa Jawa dengan baik dengan dibuktikan dengan uji praktik dengan nilai
rata-rata 70
-
Mampu
membiasakan hidup bersih dan menjaga kebersihan diri pribadi dan lingkungan
BerIMTAQ
-
Tertib melaksanakan sholat 5 waktu dalam sehari
-
Tertib melaksanakan shlat dhuha dan sholat sunat lainnya
-
Mampu menghatamkan Al-Qur’an
-
Terbiasa melaksanakan Infaq
-
Mampu menghafal juz amma, yaa sin dan tahlil
- Misi MI
-
Melaksanakan
pembelajaran agama Islam dengan mengutamakan pengamalan dan pengalaman untuk
mewujudkan lulusan yang berakhalk mulia
-
Melaksanakan
pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berfikir kritis dan kreatif melalui
berbagai pemecahan kasus dan soal-soal standar nasional.
-
Mengembangkan
kegiatan ekstra kurikuler wilayah akademik yang berkualitas dalam mendorong
siswa untuk menjuarai berbagai lomba di tingkat kabupaten.
-
Melaksanakan
proses pembelajaran bahasa jawa secara berkesinambungan.
-
Melaksanakan
pembelajaran membaca al-qur’an secara berkesinambungan dari kelas satu sampai
enam untuk memastikan bahwa lulusannya telah menghatamkan al-qur’an
-
Mengembangkan
kompetensi guru yang berkait dengan bidang studinya, ketrampilan mengajar serta
membuat media pembelajaran yang menyenangkan.
-
Memberi
tauladan kepada seluruh siswa untuk kebiasaan hidup bersih, peduli dan jujur.
-
Menerapkan manajemen
partisipatif dengan melibatkan seluruh Warga Madrasah dan Komite Madrasah
b. Tujuan MI
1. Pada tahun 2012 terjadi peningkatan kuantitas dan
kualitas sikap dan praktik kegiatan serta amaliah keagamaan Islam warga
madrasah dari pada sebelumnya.
2. Pada tahun 2012 terjadi peningkatan kepedulian dan
kesadaran warga madrasah terhadap keamanan, kebersihan dan keindahan lingkungan
madrasah daripada sebelumnya.
3. Pada tahun 2012 terjadi peningkatan kualitas dan
kuantitas sarana/ prasarana dan fasilitas yang mendukung peningkatan prestasi
akademik dan non akademik.
4. Pada tahun 2012, terjadi peningkatan skor UAN minimal
rata-rata +1,5 dari standar yang ada.
5. Pada tahun 2012, para siswa yang memilki minat, bakat,
dan kemampuan di bidang non akademik dapat mengikuti lombah dan menjuarai di
tingkat propinsi/nasional
6. Pada tahun 2012, para siswa yang memiliki minat, bakat
dan kemampuan terhadap Bahasa Arab dan Inggris semakin meningkat dari
sebelumnya, dan mampu menjadi MC dan berpidato dengan 2 bahasa tersebut.
7. Pada tahun 2012, memiliki tim olah raga minimal 3 cabang
yang mampu menjadi finalis kabupaten
8. Pada tahun 2012, memiliki tim kesenian yang mampu tampil
minimal pada acara setingkat Kabupaten/ Kota.
9. pada tahun 2012, terjadi peningkatan manajemen
partisipatif warga madrasah,
diterapkanya manajemen pengendalian mutu madrasah, terjadi peningkatan animo
siswa baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar