Jumat, 06 April 2012

SEJARAH, VISI, MISI DAN TUJUAN MI HASYIM ASY 'ARI


SEJARAH, VISI, MISI, DAN TUJUAN MI HASYIM ASY ‘ARI WONOANTI


1. Sejarah MI “Hasyim Asy’ari”
MI Hasyim Asy’ari dikelola oleh Yayasan Hasyim Asy’ari yang merupakan yayasan milik warga desa Wonoanti, Gandusari, Trenggalek.
MI Hasyim Asy’ari didirikan pada tanggal 6 Juli 1967 . Awal mula didirikan MI karena disekitar lingkungan tersebut belum ada pendidikan yang berbasis Islami . Anak-anak usia dini langsung ke jenjang SD. Ada MI tapi lokasinya jauh, sehingga warga dan para tokoh tergerak hatinya untuk mendirikan MI “Hasyim Asy’ari” sebagai embrio masuk ke MTs.
Pada saat ini tenaga pengajar di MI “ Hasyim Asy’ari” terdiri dari seorang kepala MI dan 9  pendidik yang berpengalaman.
2. Lokasi MI Hasyim Asy’ari
MI Hasyim Asy’ari berlokasi di RT 09 RW 04 Dusun Kedekan, Desa Wonoanti, Kec. Gandusari, Kab. Trenggalek Kode Pos 66372

1.      Tujuan Satuan Pendidikan Dasar

Pendidikan dasar bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, ahklaq mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut”. (di ambil dari PP no. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pada Bab V (Standar Kompetensi Lulusan) pasal 26)



2.    Visi dan Misi MI Hasyim Asy ‘ari

a.                  Visi
Terwujudnya Pendidikan Islami beraliran Alhussunnah wal jama’ah yang unggul berprestasi, berbudaya dan ber IMTAQ
Key performance indicators:
Bidang akademik
-          100 % lulus dari ujian UAS-BN dengan nilai terendah 7.00
-          100 % lulus nilai Ujian Madrasah dengan nilai terendah 65.00 di semua bidang studi
-          Unggul dalam  PBM yang ditunjukan dengan 90 % skor pencapaian KKM di atas 70
-          Dapat diterima di MTs Unggulan di tingkat kabupaten
Bidang non - akademik
-          Menjuarai lomba keagamaan sekurang-kurangnya tingkat kabupaten
-          Unggul dalam ekstra kurikuler Bahasa Inggris dengan dibuktikan bisa mempraktekkan Pidato Bahasa Inggris dengan baik dan bercakap cakap Bahasa Inggris
Berbudaya
-          Mampu berbahasa Jawa dengan baik dengan dibuktikan dengan uji praktik dengan nilai rata-rata 70
-          Mampu membiasakan hidup bersih dan menjaga kebersihan diri pribadi dan lingkungan
BerIMTAQ
-          Tertib melaksanakan sholat 5 waktu dalam sehari
-          Tertib melaksanakan shlat dhuha dan sholat sunat lainnya
-          Mampu menghatamkan Al-Qur’an
-          Terbiasa melaksanakan Infaq
-          Mampu menghafal juz amma, yaa sin dan tahlil

    1. Misi MI
-          Melaksanakan pembelajaran agama Islam dengan mengutamakan pengamalan dan pengalaman untuk mewujudkan lulusan yang berakhalk mulia
-          Melaksanakan pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berfikir kritis dan kreatif melalui berbagai pemecahan kasus dan soal-soal standar nasional.
-          Mengembangkan kegiatan ekstra kurikuler wilayah akademik yang berkualitas dalam mendorong siswa untuk menjuarai berbagai lomba di tingkat kabupaten.
-          Melaksanakan proses pembelajaran bahasa jawa secara berkesinambungan.
-          Melaksanakan pembelajaran membaca al-qur’an secara berkesinambungan dari kelas satu sampai enam untuk memastikan bahwa lulusannya telah menghatamkan al-qur’an
-          Mengembangkan kompetensi guru yang berkait dengan bidang studinya, ketrampilan mengajar serta membuat media pembelajaran yang menyenangkan.
-          Memberi tauladan kepada seluruh siswa untuk kebiasaan hidup bersih, peduli dan jujur.
-          Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh Warga Madrasah dan Komite Madrasah

b.     Tujuan MI


1.      Pada tahun  2012 terjadi peningkatan kuantitas dan kualitas sikap dan praktik kegiatan serta amaliah keagamaan Islam warga madrasah dari pada sebelumnya.
2.      Pada tahun 2012 terjadi peningkatan kepedulian dan kesadaran warga madrasah terhadap keamanan, kebersihan dan keindahan lingkungan madrasah daripada sebelumnya.
3.      Pada tahun 2012 terjadi peningkatan kualitas dan kuantitas sarana/ prasarana dan fasilitas yang mendukung peningkatan prestasi akademik dan non akademik.
4.      Pada tahun 2012, terjadi peningkatan skor UAN minimal rata-rata +1,5 dari standar yang ada.
5.      Pada tahun 2012, para siswa yang memilki minat, bakat, dan kemampuan di bidang non akademik dapat mengikuti lombah dan menjuarai di tingkat propinsi/nasional
6.      Pada tahun 2012, para siswa yang memiliki minat, bakat dan kemampuan terhadap Bahasa Arab dan Inggris semakin meningkat dari sebelumnya, dan mampu menjadi MC dan berpidato dengan 2 bahasa tersebut.
7.      Pada tahun 2012, memiliki tim olah raga minimal 3 cabang yang mampu menjadi finalis kabupaten
8.      Pada tahun 2012, memiliki tim kesenian yang mampu tampil minimal pada acara setingkat Kabupaten/ Kota.
9.      pada tahun 2012, terjadi peningkatan manajemen partisipatif  warga madrasah, diterapkanya manajemen pengendalian mutu madrasah, terjadi peningkatan animo siswa baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar